5 Trik Hilangkan Gatal di Kulit Kepala

Rasa gatal di kulit kepala bisa datang kapan saja, terutama ketika Anda berada di luar ruangan saat kondisi cuaca panas. Keringat yang bercampur kotoran menempel di kulit kepala dan memicu rasa gatal.
Keinginan untuk menggaruk pun muncul dan hal ini bisa membuat luka di kulit kepala yang berujung infeksi. Untuk itu, segera hilangkan gatal di kulit kepala sebelum makin parah dengan lima cara berikut, sebagaimana dilansir Times of India.

1. Jaga kebersihan
Pemicu utama gatal di kulit kepala adalah kotoran dan jamur. Karena itu selalu jaga kebersihan kulit kepala Anda. Keramaslah secara teratur dengan cleansing shampo atau sampo anti ketombe jika Anda mudah terkena ketombe.

2. Kurangi penggunaan produk berbahan kimia
Pintar-pintarlah memilih produk penataan atau pewarna rambut. Itu karena sebagian besar mengandung zat kimia yang dengan mudah memicu iritasi kulit kepala dan rasa gatal.

3. Kurangi keramas dengan air hangat
Saat pagi dan suhu terasa dingin, memang lebih enak mandi menggunakan air hangat. Tetapi, untuk keramas, usahakan Anda tetap menggunakan air dingin. Itu karena air hangat juga bisa memicu iritasi terutama di kulit kepala yang sensitif.

4. Jaga kelembaban
Kondisi kulit kepala yang kering juga bisa membuat rasa gatal. Untuk mencegahnya, gunakan minyak khusus untuk rambut atau hair lotion secara teratur.

5. Perlindungan
Saat berada di luar ruangan, terutama ketika cuaca panas, kenakan payung atau topi. Atau, agar terlihat lebih gaya, lilitkan saja scarf ukuran lebar di kepala. Hal ini untuk melindungi kulit kepala Anda dari kotoran dan jamur.