Ada Monyet Jambul ‘Elvis’ di Vietnam

Ada Monyet Jambul ‘Elvis’ di Vietnam – Monyet berjambul mirip penyanyi rock legendaris Elvis Presley ditemukan di sepanjang Sungai Mekong, Vietnam. Monyet berambut hitam dan berbuntut panjang itu tercatat sebagai satu dari 208 spesies baru sepanjang tahun ini, demikian hasil penelitian World Wide Fund (WWF), seperti dilansir CBC News, Selasa, 13 Desember 2011.
“Hewan-hewan tersebut ditemukan di kawasan keanekaragaman hayati yang terancam pembalakan liar, penggundulan hutan, perubahan iklim, dan pembangunan kelewat batas,” kata peneliti WWF dalam laporannya.

Kendati monyet jambul ‘Elvis’ masih tergolong baru di dunia ilmu pengetahuan, warga lokal sudah mengenalnya dengan sangat baik.

Sungai Mekong termasuk sungai terpanjang di Asia. Alirannya melintasi beberapa negara, mulai dari Cina, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, hingga Vietnam.

WWF menyatakan kawasan sepanjang Sungai Mekong selama ini memang dikenal sebagai ‘rumah’ bagi sejumlah spesies hewan terancam punah. Misalnya, harimau Asia, gajah Asia, lumba-lumba Mekong, dan lele jumbo Mekong.

“Kawasan ini memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa sekaligus paling rapuh,” kata Direktur Komunikasi WWF Greater Mekong, Sarah Bladen. “Tingkat kemerosotannya mengenaskan.”

Terbukti, pada bulan Oktober, WWF mengumumkan bahwa Vietnam telah kehilangan spesies badak Jawa dan menyebabkan badak Jawa yang tersisa di dunia hanya ada di Indonesia. Itu pun jumlahnya diperkirakan hanya tinggal 40 sampai 60 ekor.