Cara membuat blog tampil menarik dan disukai pengunjung

Blog yang didesain dengan baik akan tampil lebih menarik dan seringkali lebih SEO friendly. Berikut ini beberapa tips cara membuat blog tampil menarik dan disukai pengunjung.
1. Atur blog anda dari sejak awal.
Jika anda membuat kategori artikel untuk setiap posting blog anda, maka anda akan selalu dapat menemukan halaman blog anda ketika anda membutuhkannya hanya dengan mencarinya berdasarkan kategori.

a. Jika anda menambahkan gambar ke blog anda, anda harus memiliki sebuah folder di komputer anda yang berisi alamat tempat penyimpanan gambar di hosting blog anda misalnya "gambar untuk artikel....." ini akan mempermudah anda menemukan gambar tersebut jika suatu waktu hendak menyisipkannya di artikel anda yang lain.

b. Buat nama halaman posting anda dan nama gambar yang disisipkan di halaman tersebut dengan nama yang mirip agar mudah ditemukan. Bila anda memiliki kelompok halaman atau grafis yang mirip, beri mereka nama yang mirip. Misalnya, jika anda memiliki sekelompok halaman dengan cerita tentang desain blog, masukkan kata "desain blog" diposisi yang sama di setiap artikel yang mirip. Ini disamping untuk mudah ditemukan juga agar memiliki peringkat yang bagus di search engine untuk kata kunci yang sama, dalam hal ini keyword "desain blog ".

2. Buat ukuran gambar di blog anda sekecil mungkin.
Bila ukuran pixel grafis anda terlalu besar, dibutuhkan waktu terlalu lama untuk loading keseluruhan halaman blog anda. Pengunjung blog anda mungkin tidak akan suka menunggu terlalu lama, lalu akhirnya mereka akan segera menutup blog anda tanpa melihat apalagi membaca apa yang anda tulis di blog anda. Ini tentu berita buruk untuk bisnis online anda.

3. Buat link menuju tempat penyimpanan grafis yang berukuran besar.
Misalnya gambar tersebut tersimpan di akun ficassa, anda hanya tampilkan gambar ukuran kecil di blog anda, dan buat link untuk melihat gambar ukuran besar, dan berikan penjelasan berupa teks bahwa mengklik link tersebut akan memuat gambar ukuran besar yang membutuhkan space besar dan waktu lebih lama.

Penjelasan tersebut diperlukan oleh pengunjung yang memiliki koneksi internet kecepatan lambat dengan kuota terbatas.

4. Update blog anda secara teratur.
Ketika orang mengunjungi blog anda, mereka mencari informasi tentang anda, atau tentang apapun yang anda terbitkan di blog anda. Jika mereka menyukai blog anda, mereka akan kembali mengunjungi blog anda dalam kurun waktu tertentu secara teratur.
Jika blog anda tidak memiliki sesuatu yang baru bagi mereka untuk dilihat atau dibaca setiap mereka berkunjung, mereka mungkin tidak akan kembali berkunjung. Berikan apa yang mereka inginkan dan tambahkan informasi lebih teratur.

5. Tempatkan artikel teks anda dalam lebar ruang yang sempit.
Ini agar artikel enak dibaca dan tidak melelahkan mata. Memuat artikel di area yang sempit meskipun harus memanjang kebawah lebih baik, karena ini akan membuat pembaca tidak perlu harus menggerakkan bola mata terlalu jauh kebagian tepi layar komputer anda. Terlalu banyak menggerakkan bola mata kekiri atau kekanan layar komputer akan melelahkan, apalagai bila sampai harus menggerakkan kepala.