Ditemukan, Gua Berisi Sejarah Manusia Modern

Arkeolog menemukan gua berusia 30 ribu tahun di Luoyang, provinsi Henan, China. Dalam gua, para ilmuwan juga menemukan beberapa perangkat kuno. Seperti apa?
Penggalian dilakukan di Longquan Mountain Heritage Site yang berasal dari zaman batu kuno dan berlokasi di Luoyang, provinsi Henan, China. Menurut ahli, gua itu berusia 30-50 ribu tahun, periode awal yang penting dari perkembangan manusia modern.
Headline
Dalam gua, arkeolog juga menemukan bekas sisa perapian. Hal ini membuat gua temuan menjadi unik. Pasalnya, gua ini memiliki bekas perapian pertama. Di sana juga terdapat lebih dari seribu perangkat batu, fosil gigi dan tulang hewan.
Di beberapa tulang, ilmuwan menemukan bekas gigitan dan potongan. Bekas gigitan tersebut menjadi tanda alat-alat batu itu sudah digunakan di periode tersebut. Para ahli mengatakan, temuan ini cukup istimewa, karena adanya bekas perapian, perangkat batu, dan fosil.
Temuan ini memberi informasi penting perilaku awal manusia modern. Orang yang tinggal di gua saat itu memiliki kemampuan beradaptasi dengan iklim, lanjutnya. Selain itu, mereka juga berburu hewan, tutup para arkeolog seperti dikutip daily online.