Ada Keluarga Sakit Kanker? Lakukan 4 Hal ini!


Dukungan keluarga terhadap pasien kanker sangat dibutuhkan guna mengangkat mental dan semangat hidup si pasien. Ahli onkologi Cora Llave, MD dan Denky Dela Rosa, MD, mengatakan, keluarga adalah teman terbaik bagi pasien kanker dalam menghadapi" pertempuran" dengan penyakitnya.

"Kanker adalah penyakit keluarga. Setiap orang yang terkena kanker, akan berpengaruh juga kepada seluruh keluarga baik berupa emosional, psikologis, finansial, maupun fisik," kata Dela Rosa.

Tidak ada aturan yang pasti soal bagaimana anggota keluarga harus memperlakukan pasien kanker. "Yang paling penting adalah Anda harus selalu hadir di kehidupan pasien dan dalam setiap kasus yang mereka hadapi," tegasnya.

Sementara itu Llave mengatakan, dalam banyak kasus, anggota keluarga biasanya tidak tahu bagaimana menghadapi situasi tersebut. Namun yang pasti, setiap pasien kanker umumnya lebih menyukai rutinitas atau perlakuan khusus tambahan.

Berikut ini adalah panduan umum bagi Anda yang memiliki anggota keluarga yang sakit kanker :

1. Hadir untuk mereka

Kehadiran orang terdekat sangat penting bagi pasien kanker, karena mereka sangat memerlukan dukungan emosional. "Anda harus selalui ada bersama dia (pasien kanker) baik ketika berkonsultasi dengan dokter atau saat-saat di mana mengalami komplikasi akibat penyakitnya sendiri. Keberadaan Anda akan memberi dukungan emosional," kata Dela Rosa.

2. Belajar menerima

Setiap orang pasti berat menerima kenyataan jika ada anggota keluarga mereka yang terkena kanker. Meski sulit, Anda harus ikhlas menerimanya. Anggaplah tidak pernah ada sesuatu. Perlakukan keluarga Anda (pasien kanker) seperti orang normal pada umumnya. Hal ini akan membantu pasien lupa bahwa dia sedang menderita penyakit. Jangan sekali-kali Anda mencoba untuk merubah kebiasaan pasien.

"Mengubah rutinitas dapat menghambat proses kesembuhan pasien. Jika pasien ingin melakukan joging setiap hari, dukung dia untuk terus melakukannya joging," katanya.

3. Memahami penyakit

"Secara garis besar, pasien kanker masih berpikir bahwa mereka akan mati," kata Dr Llave.

Dengan kondisi seperti itu, perubahan besar dan kecil dalam tubuh akan sangat mengganggu mereka. Tetapi, jika anggota keluarga mampu memahami perkembangan penyakit dan tahap-tahap pengobatan pasien, ini akan sangat membantu.

Dela Rosa menambahkan, banyaknya informasi yang dapat digali oleh anggota keluarga untuk memahami penyakit anggota keluarga yang menderita kanker, salah satunya lewat informasi online.

Namun demikian, Anda harus tetap berhati-hati tentang apa yang Anda baca. Pasalnya, beberapa pasien kanker bisa memiliki "pikiran negatif akan apa yang telah mereka baca di internet," katanya.

4. Bersabar

Kesabaran sangat penting. Ada saat di mana anggota keluarga tidak memahami pasien. "Seorang pasien tidak mau makan, bukan karena dia tidak mau makan, tetapi akibat pengaruh dari tumornya. Hal ini sebenarnya yang membuat pasien tidak memiliki nafsu makan," jelas Rosa.

Rosa mengatakan, jika pasien tidak mau makan, Anda bisa memasak makanan favorit pasien. Meski begitu, pasien biasanya tidak akan makan lebih dari 2-3 sendok.

Read more


40 Persen Kanker Dipicu Gaya Hidup

Kompas.com - Hampir separuh dari kasus kanker yang didiagnosa setiap tahunnya ternyata dipicu oleh gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok, konsumsi alkohol, atau pola makan yang tidak sehat.

Tembakau merupakan penyebab terbesar, yakni menyebabkan 23 persen kasus kanker pada pria dan 15,6 persen pada wanita. Di urutan kedua adalah kurang makan sayur dan buah pada pola makan pria dan kegemukan pada wanita. Demikian menurut laporan dari Cancer Research di Inggris yang dimuat dalam British Journal of Cancer.

Ketua peneliti, Profesor Max Parkin mengatakan hasil penelitian ini merupakan analisa yang paling komperhensif saat ini.

"Banyak orang yang yakin bahwa kanker adalah penyakit yang sudah ditakdirkan karena ada dalam gen yang diturunkan. Padahal kalau kita melihat bukti dan data, ternyata 40 persen kanker disebabkan karena pola hidup yang salah," katanya.

Karena itu pada dasarnya kanker bisa dicegah. Pada pria, strateginya adalah berhenti merokok, mengasup lebih banyak buah dan sayur serta mengurangi konsumsi alkohol.

Sedangkan pada wanita, disarankan untuk berhenti merokok dan menjaga berat badan. "Kami sebenarnya tidak menduga bahwa pada kelompok perempuan kegemukan merupakan faktor risiko yang lebih besar dibanding alkohol," katanya.

Dalam penelitian Parkin, secara umum ada 14 faktor lingkungan dan gaya hidup yang berpengaruh pada penyakit kanker. Faktor lingkungan antara lain adalah lokasi tempat tinggal dan pekerjaan yang dilakukan.

Satu dari 25 kanker berkaitan dengan pekerjaan, misalnya apakah seseorang terpapar bahan kimia atau asbes lebih sering sering dari lingkungan kerjanya.

Berbeda dengan penelitian lain, dalam analisa Parkin ini ternyata faktor kegemukan berpengaruh lebih besar pada kejadian kanker payudara dibanding konsumsi alkohol atau riwayat pernah memberikan ASI atau tidak.

Untuk kanker usus, risiko terbesar datang dari konsumsi makanan yang mengandung garam terlalu tinggi.

Read more


Manusia Mulai Mancing Sejak 42 Ribu Tahun Lalu


SYDNEY - Para ilmuwan berhasil menemukan serangkaian tulang ikan purba berumur 42 ribu tahun dari jenis hiu dan tuna di sebuah gua Australia. Mereka juga menemukan lengan manusia dan ini membuktikan praktek penangkapan ikan sudah ada sejak saat itu.

Seperti dikutip Softpedia, Senin (28/11/2011), temuan ini berhasil diungkap oleh para ahli di sebuah pulau yang terletak di Australia utara. Sebuah teknik pendukung membuktikan sisa tulang yang baru ditemukan ini berumur 42 ribu tahun. Ini menunjukan kegiatan memancing dimulai sejak saat itu, namun dengan cara yang berbeda dengan saat ini.

Rincian hasil penelitian ini muncul dalam top jurnal Science online edisi 24 November. Hasil ini memberikan bukti pertama mengenai memancing di laut, yang ternyata sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu.

Ini juga membuktikan proses penyebaran populasi manusia di Bumi. Jika mereka memiliki kemampuan untuk menangkap ikan di laut, maka mereka akan melintasi lautan dan berpotensi menjajah daerah lain. Namun bagi populasi yang hanya mampu memancing di dekat garis pantai, tentunya mereka akan tetap terbatas di sebuah pulau atau benua tertentu.

Rata-rata, mereka yang memancing di garis pantai karena tidak percaya bahwa kayu bisa menahan mereka dalam waktu yang lama di laut, kemudian ikan tuna sangat banyak di daerah tersebut. Jadi tidak perlu pergi ke laut lepas.

Terkait dengan proses penyebaran populasi manusia di bumi dengan menangkap ikan di laut memang masih harus dibuktikan lebih lanjut. Setidaknya memberikan suatu analisa yang bisa menunjukan kebenaran hal tersebut. (tyo)

Read more


Inti Luar Bumi Ternyata Tidak Kaya Oksigen


CALIFORNIA - Sebuah penemuan baru mengungkapkan teori lama mengenai inti luar Bumi yang mengandung banyak oksigen adalah tidak benar.

Memang sulit untuk mengungkap sifat kimia dari inti luar Bumi dan mungkin tidak bisa dilakukan sepenuhnya. Namun ada tanda-tanda tertentu bisa digunakan oleh peneliti untuk membuat suatu kesimpulan informasi mengenai Bumi, yang mungkin terlihat lengkap.

Teori awal mengenai inti luar Bumi mengandung banyak oksigen berasal dari kenyataan bahwa senyawa kimia di Bumi sangat luas. Hal ini membuat lebih dari 20 persen dari luas atmosfer memiliki banyak kandungan air.

Tapi itu tidak bisa dijadikan dasar untuk menyatakan inti luar Bumi kaya akan oksigen. Seperti diketahui Bumi terdiri dari Inti dalam dan luar, mantel, kerak dan atmosfer. Kelompok peneliti internasiolnal menemukan beberapa menit pertama pada inti luar Bumi memang terlihat kandungan oksigen cukup baik, tapi ini tidak bertahan lama.

Kelompok ini terdiri dari ahli Geofisika, Carnegie Institution untuk Science (CIS) dan beberapa ilmuwan China yang berasal dari Wuhan University of Technology, yang dikordinasikan oleh ketua peneliti yakni Haijun Huang.

"Kita tidak bisa menggunakan sample yang sudah didapatkan secara langsung, jadi kita harus belajar mendalami hal tersebut melalui percobaan laboratorium yang dikombinasikan dengan pemodelan dan data sismik," ungkap Yingwei Fei dari CIS, seperti dikutip Softpedia, Senin (28/11/2011).

Fei menambahkan penelitian melakukan serangkaian eksperimen dengan menggunakan gelombang kejut. Gelombang ini sama dengan gerakan tektonik dari gempa Bumi. Dengan menggunakan metode ini, peneliti memiliki hasil signifikan dan bisa mempengaruhi komposisi kimia dari materi yang ada di dalam inti luar Bumi.

Tim dari eksperimen ini memang belum bisa mengjelaskannya secara rinci, namun mereka menegaskan tidak benar jika inti luar Bumi mengandung banyak oksigen. Mereka juga menyatakan penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk memberikan kebenaran mengenai polemik ini. (tyo)

Read more


astronom kembali menemukan tanda akan matinya bintang


OHIO - Setelah memindai 25 galaksi, astronom percaya adanya kemungkinan mereka telah membuat terobosan baru, yaitu menemukan tanda akan matinya sebuah bintang.

Para peneliti telah memperhatikan satu sistem bintang di Galaksi Whirpool, yang cerah dan meredup dengan cara yang tidak biasa, dan menghasilkan supernova.

Perkembangan ini dapat membantu para peneliti memprediksi waktu kematian sebuah bintang, seiring percobaan mereka untuk menentukan kaitan antara perubahan intensitas cahaya dengan akhir hidup bintang tersebut.

Studi yang dikerjakan selama tiga tahun oleh Ohio State University ini, diterbitkan dalam Astrophysical Journal.

Profesor astronomi di Ohio State dan Ohio Eminent Scholar di Observational Cosmology, Christopher Kochanek mengatakan, "Tujuan yang melandasi kami adalah mencari setiap jenis perilaku atau tanda yang akan memungkinkan kami mengidentifikasi bintang sebelum mereka meledak."

"Ini merupakan tujuan spekulatif saat ini, tapi setidaknya kami mengetahui ada kemungkinan hal tersebut bisa dilakukan." ujar Kochanek, seperti dikutp Telegraph, Jumat (2/12/11).

Peneliti postdoctoral, Dorota Szczygiel yang memimpin studi tentang supernova ini menambahkan, "Kemungkinannya sangat sedikit, sehingga kita hanya mengamati bintang selama beberapa tahun sebelum ia menjadi supernova. Kami perlu keberuntungan yang sangat besar."

"Survei galaksi ini menciptakan keberuntungan kami sendiri. Kami mempelajari semua variabel bintang di 25 galaksi, sehingga ketika satu diantaranya mengalami supernova, kami sudah mengumpulkan datanya," tambahnya. (tyo)

Read more


Sejarah Pembentukan Bintang di Kosmos


FLORIDA - Setelah beberapa dekade menjelajahi alam semesta, para astronom akhirnya menemukan dua gas awan murni yang bebas dari logam dan ditembakkan ke kosmos oleh bintang-bintang.

Temuan itu dipublikasikan dalam jurnal Science, menggambarkan deteksi lengkap pertama secara sederhana, gas yang tidak tercemar dan mendukung teori lama tentang bagaimana unsur-unsur kimia dibentuk pada awal alam semesta. Ini merupakan jenis awan murni yang membentuk bintang-bintang pertama.

Penelitian ini menunjukkan bahwa bintang-bintang belum berhasil mendistribusikan logam di seluruh kosmos. Astronom mengaggap logam menjadi unsur yang lebih berat, seperti karbon, silikon, besi bahkan oksigen.

Selain itu, sebuah studi terpisah dalam edisi yang sama di Science menyimpulkan bintang-bintang awal jauh lebih kecil daripada pikiran kita, yaitu puluhan kali lebih besar daripada matahari.

"Ada semacam link yang hilang dalam gambaran tentang bagaimana bentuk elemen. Kami belum mampu mendeteksi apa yang kita harapkan ada di luar sana, yang disebut materi primordial atau hal-hal yang akan menjadi logam bebas," kata astronom University of California, Xavier Prochaska.

"Ini merupakan deteksi gas padat pertama," ujarnya dalam sebuah wawancara, seperti dilansir News Yahoo, Jumat (11/11/2011).

Dua gas awan murni terbentuk dua miliar tahun setelah alam semesta tercipta. Procsha bersama penulis utama Fumagali Michele, seorang mahasiswa pascasarjana Santa Cruz, dan astronom Saint Michael College, Vt menemukan dua awan dengan menganalisis cahaya dari quasar. Mereka menggunakan Keck Observatory di Hawaii. (tyo)

Read more


5 Hal yang Kurang Diketahui soal Jantung

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang sering ditemui di Indonesia. Penyebab utamanya adalah perubahan gaya hidup, terutama mereka yang hidup di kota besar. Ada beberapa hal mengejutkan yang mungkin tidak pernah Anda sadari sebelumnya terkait keberadaan penyakit jantung. Berikut ini adalah enam hal di antaranya.

1. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada wanita

Penyakit jantung selama ini dianggap sebagai penyakit para pria. Padahal, wanita yang sudah menopause memiliki risiko yang sama. "Faktor risiko untuk perempuan dan laki-laki sama. Termasuk pada mereka yang mengalami masalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, perokok, dan riwayat keluarga penyakit jantung," jelas Dr Beth Abramson, seorang ahli jantung di Toronto St Michael Hospital.

2. 50-80 persen penyakit jantung dapat dicegah

"Tidak pernah ada kata terlambat, atau terlalu cepat untuk membuat perubahan gaya hidup.
Banyak cara untuk mencegah penyakit jantung dengan mengendalikan faktor risiko," kata Dr Abramson.

Abramson mengatakan, cara sederhana untuk mencegah serangan jantung bisa dimulai dengan berusaha menjaga tekanan darah tetap normal serta rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah secara berkala.

Melakukan perubahan gaya hidup juga dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Caranya, dengan makan makanan sehat, membatasi konsumsi alkohol, tidak merokok, menurunkan kolesterol, mengelola berat badan, dan menghindari stres.

3. Pil KB meningkatkan risiko perempuan mengidap penyakit jantung

Kontrasepsi, seperti pil KB pada umumnya, aman untuk kebanyakan perempuan. Akan tetapi, mereka yang merokok saat menggunakan kontrasepsi hormonal memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan pembekuan darah.

4. Pasca-menopause, risiko mengidap penyakit jantung meningkat

Memasuki masa menopause, perempuan akan mengalami kondisi di mana terjadi peningkatan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida, dan penurunan HDL (kolesterol baik). Penurunan hormon estrogen juga bisa meningkatkan timbunan lemak tubuh di sekitar pinggang.

"Permasalahannya sebenarnya ada di lemak perut. Lemak pada perut telah dikaitkan dengan risiko peradangan dan kolesterol tinggi," kata Dr Abramson. Perubahan hormon juga memiliki efek yang merugikan terhadap pembentukan gumpalan darah, dan memengaruhi cara tubuh dalam menangani gula—yang dapat menyebabkan diabetes.

5. Mengonsumsi alkohol memperbesar risiko penyakit jantung

Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. "Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung meski hanya sedikit. Tetapi, studi ini melibatkan orang-orang dengan kondisi kesehatan yang baik, dan kami tidak merekomendasikan Anda untuk melakukannya jika Anda benar-benar tidak dalam kondisi fit," ucapnya.

Read more



Posisi tidur bisa mempengaruhi bentuk tubuh. Jika posisi tidur tidak tepat maka bisa memperburuk postur tubuh. Tapi ada posisi tidur tertentu yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh.

Tidur atau berbaring dalam posisi yang melemahkan otot dan ligamen, bisa meregangkan punggung bawah yang membuat postur tubuh buruk sehingga memperparah masalah punggung dan nyeri.

Secara alami lengkungan daerah lumbar (bagian kecil di atas panggul atau tulang pinggul) atau disebut dengan lumbar lordosis membantu memberikan kekuatan pada kolom vertebralis.

Posisi tidur yang mendukung kelengkungan ini dan kepala yang sejajar dengan tulang belakang serta tulang panggul bisa memperkuat kembali otot-otot dan ligamen untuk memperbaiki postur tubuh.

Berikut ini adalah posisi tidur yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh, seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (16/11/2011) yaitu:

1. Posisi kepala
Posisi kepala saat tidur mempengaruhi posisi seluruh tubuh dan meningkatkan stres pada tulang belakang serta otot punggung. Letakkan bantal di bawah kepala dan leher bukan di bahu, lalu gunakan bantal yang cukup kuat untuk mendukung kepala dan sejajar dengan tulang belakang.

Menggunakan bantal yang terlalu tebal atau lembut bisa menyebabkan sakit leher dan punggung serta membuat postur tubuh yang buruk.

2. Posisi lutut dan punggung
Tidur dengan punggung melengkung membentuk huruf 'C' bisa meregangkan ligamen tulang belakang dan melemahkan otot pinggang. Hal ini memperburuk postur tubuh saat duduk dan berdiri.

Untuk itu kurangi lengkungan dengan melengkungkan sedikit bagian bawah punggung ke dalam ketika tidur menyamping bisa membantu memperkuat kembali otot-otot punggung dan mencegah otot bahu membungkuk.

Hindari posisi lutut yang mendekati dada dengan menempatkan bantal atau guling diantara lutut untuk menyelaraskan panggul, tulang belakang dan kepala.

3. Memberi dukungan untuk lekukan tubuh
Kasur yang terlalu lembut membuat tubuh melorot di tengah dan tidak memberikan dukungan yang cukup untuk mempertahankan posisi tubuh yang benar saat tidur. Jika kasur yang dimiliki tidak cukup kuat maka gunakan papan yang khusus untuk memberi dukungan lebih pada punggung.

Tapi jangan pula menggunakan kasur yang terlalu keras karena tidak mendukung kelengkungan alami dari tubuh. Pilihlah kasur yang bisa membuat nyaman pada titik-titik tekanan normal namun tetap memberikan dukungan yang baik untuk tubuh.

Read more


Yang Boleh dan Tak Boleh Dimakan Menjelang Tidur


Apa yang Anda makan sebelum tidur dapat membantu tidur pulas atau malah justru membuat Anda tidak bisa tidur atau menyebabkan penumpukan lemak. Makanan apa saja yang sebaiknya dimakan dan dihindari sebelum tidur?

Menurut University of Maryland Medical Center, orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 jam waktu tidur malam, tetapi masih banyak orang yang tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Padahal kurang tidur dapat menyebabkan kantuk sepanjang hari, perubahan suasana hati, nafsu makan meningkat dan berat badan naik.

Salah satu yang mempengaruhi kualitas tidur adalah makanan yang Anda konsumsi sebelum naik ke tempat tidur. Berikut makanan yang sebaiknya dimakan dan dihindari sebelum tidur makan, seperti dilansir Livestrong, Jumat (9/12/2011):

Makanan yang sebaiknya dimakan menjelang tidur

1. Kedelai
Kedelai adalah kacang-kacangan yang mengandung banyak protein dan kaya nutrisi, salah satunya sumber asam amino yang dikenal sebagai triptofan. Menurut National Sleep Foundation, triptofan dapat membantu mendorong kantuk dan menyediakan komponen yang berguna untuk camilan tidur.

2. Gandum utuh
Produk gandum utuh seperti roti gandum adalah karbohidrat kompleks, yang mengandung lebih banyak serat dan nutrisi serta dicerna lebih lambat dari makanan olahan. Karbohidrat kompleks membuat triptofan lebih mudah diakses di otak, menurut National Sleep Foundation. Selain roti gandum, Anda juga bisa mendapatkan karbohidrat kompleks dari beras merah nda oatmeal gandum.

3. Susu hangat rendah lemak
Produk susu, seperti susu rendah lemak, yoghurt dan keju, dapat mempromosikan relaksasi karena mengandung karbohidrat dan triptofan. Untuk alasan ini, laporan yang dipublikasikan dalam American Journal of Nursing pada 2007 merekomendasikan bahwa pasien yang kesulitan tidur dapat diberi susu hangat rendah lemak sebelum tidur.

4. Buah dan sayur
Buah dan sayuran merupakan sumber makanan antioksidan, yakni nutrisi yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri dan pulih dari infeksi dan penyakit. Meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan dapat membantu meminimalkan gejala-gejala terkait dengan insomnia, menurut University of Maryland Medical Center. Buah dan sayuran yang baik dimakan sebelum tidur adalah buah beri, ceri, jeruk, delima, sayuran hijau, kubis Brussel, brokoli, artichoke.

Makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur

1. Kafein
Kafein adalah stimulan yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan jika dikonsumsi sebelum tidur, Anda mungkin merasa sangat sulit untuk tertidur, tergantung pada seberapa sensitif Anda dengan obat. Hindari kopi, teh, soda dan coklat sebelum tidur.

2. Makanan pedas dan bawang putih
Makanan pedas dan makanan yang mengandung bawang putih dapat berkontribusi pada heartburn (rasa panas pada dada) ketika dikonsumsi sebelum tidur, menurut Timothy Morgenthaler, MD.

3. Keripik dan makanan asin
Makan keripik atau makanan asin sebelum tidur dapat membuat perut kembung sehingga membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Selain itu, makanan asin juga menyebabkan Anda lebih sering ingin buang air kecil yang dapat mengganggu tidur.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan biasanya dianggap makanan sehat yang mengandung lemak tak jenuh dan protein. Namun kacang mengandung beberapa natrium, yang bisa dimakan sebelum tidur dapat menghambat kemampuan tubuh untuk tidur. Protein dan natrium bekerja dengan meningkatkan aktivitas otak, sehingga Anda tidak bisa cukup tenang untuk tidur.

5. Makanan tinggi gula dan lemak
Makanan yang tinggi gula dan lemak lebih sulit untuk dicerna tubuh, yang akhirnya membuat tidur tidak cukup nyaman. Gula juga dapat mengganggu siklus tidur karena menyebabkan ketidakseimbangan insulin dan memberikan ledakan energi.

Read more


5 LANGKAH MUDAH UNTUK REDAKAN BATUK DAN PILEK

Orang yang mengalami batuk pilek biasanya disertai dengan gejala yang membuat tidak nyaman. Tapi ada 5 langkah yang bisa dilakukan seseorang untuk meredakan kondisi batuk pilek.

Umumnya batuk dan pilek menyebar melalui tetesan bakteri atau virus yang terbang di udara. Diperkirakan ada sekitar 200 jenis virus yang bisa menyebabkan kondisi ini. Orang dewasa akan mengalami pilek sekitar 2-5 kali dalam setahun, sedangkan anak-anak bisa 5-10 kali dalam setahun.

Sebagian besar orang akan lebih rentan tertular batuk dan pilek ketika musim dingin, hal ini karena adanya penurunan suhu di sekitar serta kekebalan tubuh yang berkurang.

Meski begitu ada 5 langkah mudah yang bisa dilakukan seseorang untuk meredakan batuk dan pilek yang dialaminya, seperti dikutip dari Indiavision, Sabtu (10/12/2011) yaitu:

1. Mandi menggunakan air panas
Mandi dengan menggunakan air panas bisa membuat tuubuh menjadi tenang dan juga rileks, serta membantu meringankan lendir yang bertumpuk di dada sehingga bisa bernapas lebih mudah.

2. Mengonsumsi sup hangat
Mengonsumsi sup hangat yang terdiri dari ayam dan sayuran sangat bagus bagi tubuh. Sup hangat ini tidak hanya membantu membersihkan saluran udara tapi juga memberikan energi dan kekuatan yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Mengonsumsi satu sendok madu
Mengonsumsi madu yang murni dan alami bisa menjadi cara yang efektif untuk menyingkirkan batuk rejan, cukup konsumsi 1 sendok madu setiap hari.

4. Berkumur dengan air garam
Cobalah mengambil 1 sendok teh garam dan dicampur dengan air hangat, lalu gunakan campuran ini untuk berkumur setidkanya 4 kali dalam sehari.

5. Melakukan inhalasi uap
Inhalasi atau penguapan termasuk cara yang cukup efektif untuk menyembuhkan batuk dan sakit kepala yang terjadi karena adanya penumpukan lendir. Uap yang dihirup akan membantu mencairkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan dan lebih mudah bernapas.

Read more


Cara Mudah Bikin Perut Jadi Rata

Jakarta, Punya perut rata tak hanya sedap dipandang mata tapi juga bagus untuk kesehatan. Setidaknya ada 7 cara mudah untuk membuat perut rata yang dapat dilakukan sambil santai di rumah. Apa saja?

Perut rata menandakan sistem metabolisme dan sistem kerja kardiovaskular (sistem peredaran darah) bekerja dengan baik. Sebaliknya, perut buncit kerap menyimpan masalah penumpukan lemak yang memicu berbagai penyakit.

Berikut 7 cara mudah untuk meratakan perut, seperti dilansir Healthmad, Selasa (6/9/2011):

1. Minum cukup air
Ketika minum cukup air, Anda menyediakan asupan makanan bebas kalori. Manfaat tambahan lain adalah menyediakan pelumas untuk memperlancar metabolisme tubuh sehingga mempercepat pembakaran lemak dan menghindari penumpukan di bagian perut.

2. Jauhi koktail
Koktail adalah semacam minuman bebas alkohol dan menyegarkan. Namun koktail biasanya mengandung kalori yan tinggi, bahkan dapat menyebabkan munculnya hormon kortisol, yaitu hormon stres yang membantu tubuh untuk menyimpan lemak.

3. Duduk dengan benar
Posisi duduk meringkuk atau membungkuk akan membuat tampilan benjolan. Sedangkan ketika Anda duduk dengan posisi punggung tegak, maka otot perut akan kencang.

4. Gerakkan pinggul
Kembalilah pada aktivitas ketika Anda masih kanak-kanak, yaitu bermain hula hoop. Bermain hula hoop dapat membakar lemak di bagian pinggang dan pinggul, sehingga membantu membuat perut tampak rata.

5. Bekerja di kebun
Aktivitas menanam, mengangkat pot dan menyiram tanaman dapat membantu membakar lemak sebanyak 350 kalori dalam satu jam.

6. Berjalan di taman
Berjalan santai di taman yang hijau tidak hanya membuat pikiran rileks, tetapi juga dapat membakar lemak, termasuk lemak di bagian tubuh.

7. Mengangkat kaki di tempat tidur
Berbaringlah di tempat tidur, angkat kaki dan tempelkan di dinding. Perlahan-lahan gerakan punggung dan bahu menjauhi tempat tidur dan mengarah ke lutut. Setelah itu perlahan-lahan turunkan tubuh bagian atas ke posisi semula. Ulangi 10 sampai 20 kali selama 2 sampai 3 kali seminggu.

Read more


15 Kalimat Yang Dibenci Pria


Sekalipun pria adalah makhluk yang sportif dan bertoleransi besar, namun mereka tak suka mendengarkan 15 kalimat ini

1. Kamu cute banget....
Ok, beberapa pria mungkin tak keberatan disebut cute. Namun, sebagian besar lainnya ogah dipuji cute karena kesannya ia cantik dan seperti wanita. Pria lebih suka dibilang cool, karena terdengar keren dan maskulin.

2. Perut kamu gede yah...
Tak hanya wanita saja, pria juga bisa merasa tersinggung bila Anda terlalu blak-blakan seperti itu. Bila memang Anda teman dekatnya, Anda bisa mengajaknya ke gym dengan alasan ingin ditemani atau agar dia terlihat lebih keren.

3. Boleh nggak aku jujur?
Berbeda dengan wanita yang lebih banyak berbunga-bunga saat mendengarkan kalimat tersebut, pria cenderung deg-degan dan berpikiran negatif saat kalimat itu dikatakan. Pada umumnya, memang kelanjutan dari kalimat ini adalah penolakan bagi pria, sehingga radar mereka langsung menangkap aura negatif saat ada yang mengucapkannya.

4. Kalau itu sih adikku juga bisa...
Pria tak suka diremehkan, ingatlah hal itu. Bila Anda ingin memenangkan hatinya, berikan ia pujian, sekecil apapun tindakan yang dilakukan. Asal Anda juga tak boleh lebay, karena seharusnya pujian itu datangnya tulus dari Anda.

5. Jorok banget sih mobil kamu!
Walaupun di dalam mobilnya berantakan seperti kapal yang baru tertabrak karang, jangan sekali-kali mengoreksi kondisi mobilnya. Sebenarnya ia sadar kok, dan dengan Anda diam sambil melirik barang-barangnya saja keesokan harinya ia akan membereskannya.

6. Aduh, Louis Vuitton lagi discount lho!
Kalimat ini lebih cocok Anda ucapkan saat berkumpul dengan sahabat. Respon mereka tentu saja akan lebih menyenangkan dan Anda pun puas membahasnya. Sedangkan bila Anda membahasnya dengan pria, akan terdengar crispy dan akhirnya terdiam satu sama lain.

7. Kamu itu nggak berguna!
Hei, tunggu dulu ladies! Kalimat ini sangat kasar dan tak pantas diucapkan oleh wanita secantik Anda. Sekalipun Anda kesal terhadapnya, jangan biarkan kalimat ini meluncur dari bibir merah Anda.

8. Si ini habis bertengkar dengan pacarnya, dan bla bla bla
Apabila ia mendengarkan cerita Anda, itu hanyalah sebuah aksi toleransi dan ingin agar Anda merasa diperhatikan. Bukan karena ia suka mendengarkan cerita dan gosip Anda.

9. Mantanku dulu...
Tak ada sosok pria yang suka mendengarkan cerita tentang mantan. Mereka mungkin penasaran dan sesekali mendesak Anda bercerita. Tetapi percayalah bahwa sebenarnya mereka hanya tak mau kalah dari mantan Anda.

10. Wah, si anu kemarin dihadiahi cincin oleh kekasihnya
Dan bila mendengar kalimat itu, ia serasa ingin menghilang dari depan Anda dan menyendiri. Mungkin Anda tak bermaksud menyinggung dirinya, namun bagi beberapa pria ini adalah sebuah kode penting.

11. Kayaknya aku perlu ngomong deh...
Kalimat ini bagaikan kibaran bendera perang bagi pria. Dan seketika itu ia langsung mengendus kabar tak baik dari Anda. Ia pun bersiap dalam posisi defend, dan akan berusaha keluar dari setiap pertanyaan Anda. Bila Anda ingin membahas sesuatu, ajak dia dalam kondisi santai, dan jangan katakan Anda ingin membahas hal penting.

12. Kalau menurut kamu dia cantik nggak?
Bayangkan betapa sulitnya posisi seorang pria saat itu. Ingin menjawab cantik, Anda akan marah. Menjawab Anda lebih cantik, Anda akan curiga. Pertanyaan seperti ini, apapun jawabannya akan memicu pertengkaran tidak penting. Cantik atau tidak orang lain di mata si dia, yang penting Andalah yang mengisi hatinya.

13. Mungkin seharusnya kita nggak bertemu
Dan, runtuhlah dinding kokoh di hati pria saat itu juga. Kalimat ini tak hanya membuat ia sedih, tetapi juga memukul ego di dalam dirinya.

14. Memangnya kamu bisa?
Sekali lagi dear, kami mengingatkan agar Anda tidak meremehkan seorang pria manapun. Pria akan berusaha melakukan apapun demi orang yang dicintainya, setidaknya hargailah usahanya.

And least but not last,

15. Si itu hebat lho, beib...
Sehebat apapun teman pria Anda, jangan tunjukkan bahwa Anda mengaguminya. Bagi pria, kaum adam lainnya adalah saingan yang perlu diwaspadai dan tak boleh sampai masuk ke teritorinya. Memang sih, beberapa di antaranya merasa fine-fine saja bila Anda sekedar bercerita. Namun tak dipungkiri rasa ingin bersaing dan lebih unggul selalu muncul di balik itu.

Read more