5 Penyakit Yang Sering Mengintai Pria

Penyakit
5 Penyakit Yang Sering Mengintai Pria – Selama ini, isu-isu seputar kesehatan pria sangat jarang diangkat dan cenderung disepelekan. Apakah ini karena stigma sosial atau ego para lelaki? Yang pasti, baik pria maupun wanita mempunyai risiko yang sama untuk mengidap suatu penyakit.
Oleh karena itu, sudah saatnya kita mulai membahas isu-isu tentang kesehatan pria. Para ahli mengimbau, pemeriksaan medis dan fisik yang teratur sangat dianjurkan untuk semua pria, terutama setelah mereja menginjak usia 30 tahun. Berikut ini adalah 5 jenis penyakit yang paling banyak mengincar kaum Adam. Beberapa di antaranya adalah penyakit-penyakit yang mematikan.
1. Penyakit jantung
Konsumsi makanan berlemak atau kolesterol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Di samping itu, kebiasaan merokok atau menggunakan produk tembakau diduga kuat menjadi penyebab utama munculnya penyakit ini. Kabar baiknya, Anda dapat mencegah penyakit ini dengan menjaga berat badan ideal, membatasi konsumsi alkohol, berhenti merokok, serta makan makanan bergizi, yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, serat gandum, daging tanpa lemak, serta ditunjang dengan olahraga.
2. Prostat
Kanker prostat adalah salah satu penyakit paling umum pada pria di atas 50 tahun. Deteksi dini adalah kunci utama untuk menentukan seberapa lama si penderita bisa bertahan hidup. Semakin dini ditemukan, maka semakin besar pula harapan hidup pasien. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, impotensi, dan gejala lainnya.
3. Kanker testis
Kanker testis memang jarang terjadi, tetapi patut diwaspadai. Kanker testis paling umum terjadi pada usia 20-39 tahun. Gejala dari bentuk kanker termasuk nyeri, bengkak, dan benjolan di testis atau pangkal paha. Salah satu upaya untuk pengobatan penyakit ini termasuk di antaranya pembedahan, radiasi, atau kemoterapi. Belum diketahui pasti apa penyebab penyakit ini.
4. Kanker paru-paru
Merokok adalah penyebab utama dari kanker paru-paru dan merupakan penyebab paling umum kematian akibat kanker pada pria. Beberapa literatur menyebutkan bahwa rokok sebagai penyebab utama dari sekitar 90 persen kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70 persen pada wanita. Semakin banyak rokok yang diisap, semakin besar risiko Anda untuk menderita kanker paru-paru.
5. Disfungsi ereksi
Disfungsi ereksi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang tidak mampu mempertahankan atau mencapai ereksi selama hubungan seksual. Faktor psikologis dan biologis dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan minat seorang pria untuk melakukan hubungan seksual. Disfungsi ereksi juga bisa diakibatkan berbagai faktor, seperti stres, penyakit, obat, atau masalah emosional. Berbicara terus terang dengan pasangan dan dokter tentang masalah seksual Anda adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.
[Sumber: Healthmeup.com]